jump to navigation

Hasyim Muzadi vs Dien Syamsudien November 27, 2008

Posted by Liliek in Karguzari.
trackback

KH. Hasyim Muzadi dan Prof. Dr. Dien Syamsudien adalah ketua ormas terbesar di indonesia yaitu Nahdlatul ulama dan Muhammadiyah. Namun pandangan kedua orang ini berbeda tentang jamaah tabligh.

Hasyim Muzadi mempunyai pandangan agar umat islam khususnya Nahdliyin agar selalu waspada dengan gerakan transnasional karena berbahaya terhadap Indonesia dan NU bahkan dituduh merebut masjid-masjid NU. Entahlah masjid yang mana ..sampai sekarang fakta gak dibeberkan. Gerakan transnasional yang dia sebut salah satunya adalah jamaah tabligh /jaulah. Ini seakan ingin membenturkan gerakan transnasional dengan gerakan islam lokal/kultural.

Sedangkan prof Dr Dien syamsudien pernah mengeluarkan peryataan mengecam polisi agar tidak mensweeping jamaah tabligh yang mau ijtima di pesantren Al-fatah temboro magetan tgl 27 agustus 2003.

Dien mengatakan Jamaah Tabligh merupakan kelompok umat Islam yang berasal dari India, mereka berpegang teguh pada prinsip mengikuti rasul walaupun pemahaman dan pendekatan mereka secara harfiah.

“Mereka mengikuti bagaimana rasul makan, berpakaian, berjalan dan lain sebagainya, yang sangat-sangat harfiah,” katanya.

Menurut Dien kelompok ini berprinsip keluar dari tempat tinggalnya untuk melakukan jaulah (dakwah), kelompok ini hanya merupakan gerakan dakwah, tidak berpolitik dan menjadi organisasi internasional.

“Di Amerika Serikat saja kalau ada muktamar jamaah tabligh yang datang bisa mencapai 40.000 hingga 50.000 orang yang berasal dari berbagai negara dengan biaya sendiri,” katanya.

Karena itu, ujar Dien, tidak tepat kalau organisasi ini dikaitkan dengan teroris. “Saya tidak melihat adanya orientasi politik, apalagi yang bersifat kekerasan, karena itu kepada pemerintah jangan mengeneralisasi (gebyah uyah) kelompok Islam,” katanya.

Dari kedua tokoh ini KH Hasyim Muzadi dan Prof Dr Dien syamsudien. mana yang lebih menyejukkan dan mendamaikan. Karkun bisa memilih. Silahkan nilai sendiri karakter tokoh ini.

Comments»

1. obat - May 26, 2015

Spot on with this write-up, I actually feel
this site needs a lot more attention. I’ll probably be back
again to read more, thanks for the information!

2. ustadlubis - July 4, 2014

Tabligh, Terapi Rohani Alternatif

Oleh: Ustad Abdurrahman Lubis

Nada sumbang bagi gerakan Islam, sesat, sempalan, ekstrimis, teroris. Ada cap pukul rata gegap gempita euphoria pers, hingga melekat di hati publik. Tak cuma memberitakan, tapi melintir berita menjadi image building, membangun anggapan. Itu dulu. Kini pembaca jadi terdidik dari uang sekolah mahal, sejak OR LA, ORBA, Reformasi. Itulah rekayasa individu dan kelompok Islamopobhia. Padahal, Alhaqqu min Robbika Falaa takuunanna minal mumtariin. Yang hak itu dari Tuhanmu maka janganlah menjadi orang ragu. (QS 2: 47). Islamopobhia kini berubah, Islam itu kasih sayang. Manusia sadar amal dunia untuk akhirat. Betapa dahsyat siksa akhirat, betapa indah kebahagiaan akhirat. Andai semua sengsara dunia dikumpul, tak sebanding sengsara akhirat. Sebaliknya, jika semua kebahagiaan dunia dikumpul, tak sebanding kebahagiaan surga. Seseorang baru tahu beramal bukan cuma untuk diri, tapi ada kewajiban mengajak rekan jiran. Karenanya, keinginan masuk Dienullah yang penuh rahmat, total, hingga tak ada bagian diri yang tersisa. Sebagai contoh adalah Sakti, menamsilkan masuk mobil, ‘Tak mungkin tubuh kita masuk mobil tapi kaki tertinggal.’ Mestinya masuk semua, kaaffaah…Dapat dimengerti mengapa Sakti tega melepas Sheila on 7, posisi yang diimpikan jutaan anak muda Indonesia. Ia sempat belajar di berbagai komunitas Islam, semua bagus. Namun hatinya lebih klop dengan Tabligh, yang kemudian mendorongnya belajar. Kepergian ke Pakistan, 2006, belajar mendalami Islam, itu pula yang banyak diberitakan media penyebab keluar dari Sheila On7. Mengapa Sakti mau keliling masjid ke masjid, lorong ke lorong, kampung ke kampung, kota ke kota ? Tak lain untuk ihslah (memperbaiki) diri. Di sini asasnya. Tapi, Sakti ternyata tak sendiri, fenomenanya menjadi bukti empiris mewakili jutaan relung hati kering kerontang. Tabligh tampil mengisinya, sebagai gerakan transnasional dakwah debutnya 1926 oleh Maulana Muhammad Ilyas rah.a di India. Kelompok Penyampai ini bergerak dari kalangan bawah, merangkul masyarakat muslim tanpa memandang tingkatan sosial dan ekonomi. Selain Sakti, ada juga vokalis dari Nineball band, Ray, Lukman Hakim, gitaris Peterpan, pedangdut Saiful jamil, mantan penyanyi rock Irvan Toro Sembiring, kini giat menggarap kalangan anak Punk Jakarta. Mantan Presiden Pakistan Rafiq Tarar, mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif, mantan Jendral Pakistan Javed Nasir secara aktif mengikuti kegiatan Tabligh. Kisah-kisah mereka kian menarik berkait studi koran London, banyaknya jumlah muallaf (orang Inggris masuk Islam). Menurut penelitian kelompok think tank antar-agama, Faith Matter, angka muallaf sebenarnya mencapai 100.000, 5000 muallaf baru setiap tahun. Sebelumnya muallaf di Inggris antara 14.000 – 25.000. Penelitian memakai data sensus 2001 Skotlandia, responden ditanya tentang agama mereka ketika lahir dan saat dilakukan survey. Sedikitnya 60.699 muallaf tinggal di Inggris tahun 2001. Diteliti juga masjid di London untuk menghitung jumlah muallaf. Hasilnya, 1.400 menjadi muallaf di London 12 bulan terakhir. Secara nasional Inggris, 5.200 tiap tahun masuk Islam. Wah, studi di Inggris ternyata tak beda dengan Jerman dan Perancis, 4000 muallaf tiap tahun. ‘Ini hitungan intelektual terbaik, menggunakan data sensus dan data otoritas lokal serta survey tiap masjid,’ kata Fiyaz Mughal, direktur Fait Matters kepada koran The Independent, sebagaimana dikutipmuslimdaily.net. Meski sebagian orang meragukan angka itu karena meningkat drastis 10 tahun terakhir.’
Mengapa ramai-ramai masuk Islam, Faith Matter menjawab, ‘Saya pikir pasti ada hubungan antara konversi agama dan keunggulan Islam dalam domain publik. Orang tertarik mengetahui segala tentang Islam, kemudian menemukan sesuatu yang khusus.’ Dari survey itu kita lihat proses supply and demand, terpenuhinya dengan baik hajat dan persediaan. Apa itu sesuatu yang khusus ? Masyarakat Islam pada umumnya. Lebih khusus lagi wujudnya kehidupan Islami. Sebab ada juga komunitas Islam yang tidak Islami. Di negeri-negeri mayoritas Islam belum tentu kehidupannya Islami. Tak usah jauh, di kita ini, agak susah menemukan wajah Islami. Komunitas Islam Indonesia justru banyak dipengaruhi budaya dan adat, Jawa, Sunda, Minang, Batak dan sebagainya. Kalau tidak lokal ya barat. Pesantren, madrasah, masjid, bahkan majelis taklim dan organisasi Islam memang banyak, tapi lebih banyak lagi orang Islam di luar sana. Sepi dari jangkauan iman dan amal, sepi dari jangkauan dakwah dan taklim. Kalau jalan di pasar, di kantor dan di tempat umum, agak susah mengenali muslim atau bukan. Cara berpakaian sama, cara makan sama, cara bergaul sama, kalau dengar suara azan sama-sama tak ke masjid, sama-sama tak solat. Itu karena minus suasana Islami. Tak ada yang mengayom, tak ada yang mencontohkan. Nah, orang Tabligh dengan gerakannya yang mendunia, coba ciptakan suasana Islami, tawarkan terapi rohani, alternatif kekosongan jiwa hingga setiap yang mencoba berhajat lagi. Tak secara langsung mendakwahi non muslim, karena target mereka ishlah diri. Namun pengaruh amalan mereka dan orang yang mengikutinya membuat segolongan non muslim ta’jub dan ingin mencoba, akhirnya mereka sendiri memilih Islam. Mereka lihat seketika seseorang dapat berubah akhlak dan ibadah, setelah bergabung Tabligh. Kenapa Inggeris kita jadikan contoh, karena negeri barat paling demokratis tapi paling getol menggebrak Islam. Cuma, itu kan dulu. Sekarang zamanya sudah lain. Begitu juga Korea Selatan. Adnan asal Malaysia kuliah di Korsel, sambil bergabung Tabligh, bergerak di rumah orang-orang Islam pekerja pendatang dari Malaysia dan Indonesia. Tahun 1977 letakkan batu pertama masjid, dan sekarang sudah 22 masjid dan 100 musholla. ‘Hanya dua dasawarsa, dengan kerja dakwah sambil merangkak namun sangat berarti bagi perkembangan Islam Korsel,’ kata Adnan belum lama ini kepada penulis. Demikian Inggris, Laporan yang ada menggambarkan satu dari empat migran ke Inggris ternyata Muslim. Ini berkaitan dengan masjid agung di Newham, London Timur tak jauh dari Olympic Park, tempat Olimpiade Inggris 2012. Markas Islamisasi Eropa terbesar sepanjang sejarah Islam di benua biru. Simbol terbesar kolonisasi Islam di Inggris. Itu artinya peluang muslim cukup besar.’Kenaikan terbesar penduduk Muslim – terutama didorong migrasi lanjutan –terjadi di Barat dan Eropa Utara.’ Sejak lama imigrasinya tinggi, terutama dari Pakistan dan Bangladesh. Bahkan dalam tahun terakhir pendatang Islam dari Afrika. Nampak jelas, Pakistan dan Bangladesh, sebagai pusat dakwah Tabligh dunia, pengirim rekor kunjungan silaturahim di Amerika dan Eropa, pro aktif mengunjungi masjid, lintas kampung, lintas kota, lintas negara. Berdasarkan penelitian tentang penyebaran Islam seluruh dunia berarti hampir satu dari sepuluh orang Inggris akan menjadi Muslim pada 2030. Di samping tingginya angka kelahiran. Secara umum, populasi Muslim memiliki kesuburan lebih baik dari non-Muslim `. 2030, Inggris mungkin tak lagi menjadi negara Kristen. Jumlah kaum atheis dan non-Kristen akan melebihi jumlah Kristen. Agama Kristen kehilangan lebih dari setengah juta orang pemeluk setiap tahun, sedangkan jumlah atheis dan agnostik akan naik 750.000 per tahun. Daily Mail melaporkan, penelitian oleh House of Commons Library, pemeluk agama Kristen menurun, pemeluk agama lain meningkat tajam. Enam tahun terakhir, jumlah muslim melonjak 37 persen menjadi 2,6 juta. Hindu 43 persen. Buddha 74 persen. Namun jumlah Sikh dan orang Yahudi sedikit turun. Belum lama sekelompok anggota parlemen dan ‘Kristen di Parlemen’ mengklaim, kebijakan publik mempromosikan hasil laporan dipandang sebagai diskriminasi yang ‘tidak bisa diterima’. Menurut studi, 2010 sekitar 41,1 juta Kristen di Inggris — turun 7,6 persen selama enam tahun terakhir. Sekitar 13,4 juta kaum atheis, naik 49 persen dibanding periode sama. Ketua Partai Tory Baroness Warsi berkata, prasangka terhadap Muslim dipandang normal dan menyerukan warga untuk berhenti memarginalkan muslim. 20 tahun ke depan diproyeksikan muslim seperempat dari penduduk dunia, seperti tulis Daily Mail, yang menyebut 72 negara memiliki satu juta penduduk muslim. Steve Doughty menulis di koran terkemuka Inggris, 2030, muslim Inggris akan lebih dari umat Muslim Kuwait.Ini berarti hampir satu dari sepuluh orang Inggris akan menjadi Muslim pada 2030. Karena penduduk muslim Inggris ternyata lebih banyak ketimbang umat Muslim di Negara Islam Kuwait, berdasar laporan yang muncul di tengah perdebatan atas pandangan Muslim Inggris dan sikap terhadap mereka. 1990 – 2010, pemeluk Islam seluruh dunia meningkat rata-rata 2,2 persen per tahun. Tahun lalu 1,57 miliar umat Muslim di seluruh dunia. Pew Research Centre memproyeksikan selama 40 tahun 1990 – 2030, jumlah Muslim bertambah terus. Contohnya tahun lalu muslimin meningkat empat persen menjadi 2,8 juta dan 2030 melonjak 5,5 juta, delapan persen dari populasi yang diperkirakan (68 juta). Sementara di Amerika Serikat jumlah umat Islam meningkat berlipat ganda pada 2030, mencapai 6,2 juta dibanding tahun ini yang hanya 2, 6 juta. 2010 penduduk dunia 6.9 miliar diproyeksikan naik 26 persen sehingga 2030 menjadi 8.3 miliar. Di antaranya, tahun 2010 dari 1.6 miliar penduduk muslim dunia naik 35 persen sehingga tahun 2030 menjadi 2.2 miliar. Penelitian didasarkan pada tren demografi masa lalu dan estimasi pada apa yang akan terjadi 20 tahun ke depan.

Penulis, Pemerhati Masalah Keislaman.

3. ummi khadijah - January 15, 2009

seharusnya sebagai Ulama (sebutan dari Manusia) janganlah gampang memvonis gerakan agama Islam ( JT ) bila belum tahu DALAMNYA JT.
tingkat keilmuan Ulama bertingkat-tingkat. ALLAH ADALAH SUMBER ILMU AGAMA.
jadilah Ulama yang Arif dalam menyampaikan tentang sesuatu hal yang menyangkut ISLAM dan Umatnya.

4. SurauNet - November 27, 2008

Bergabunglah dengan SurauNet
http://www.surau.net/lingkarwacana.php


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: